Jenis-Jenis Proposal
Dalam
merencanakan suatu acara besar, maupun kecil, intern maupun exteren
maka dibutuhkan kehadiran proposal sabagai suatu pedoman dalam berproses
selanjutnya. Proposal menjadi gambaran kasar acara yang akan diadakan.
Entah akhirnya beberapa hal meleset, hal tersebut tidak masalah, karena
pada akhirnya akan ada laporan pertanggung jawaban. Tentunya proposal
yang baik tidak akan berbeda jauh dengan pelaksanaan atau realisasi
acara.
Ketika
anda merencanakan sebuah acara besar dengan besar dengan menggundang
massa tentunya anda akan membutuhkan kehadiran sponsor di situ. Maka
dari itu proposal menjadi senjata anda untuk menunujukkan, menyakinkan
pihak sponsor untuk ikut berpartisipasi dengan anda.
Karena
itu jangan samakan proposal biasa dengan proposal sponsor. Proposal sponsor unik, buatlah berbeda dari yang lain. Hal yang penting dalam
proposal adalah jangan sampai pihak sponsor menganggap anda seperti
meminta namun berikanlah penyajian yang membuat pihak sponsor memang
tertarik pada acara anda. Fokuslah pada keuntungan yang bisa didapat
oleh pihak sponsor.
Sebelum membuat proposal Sponsor beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah
1. Waktu persiapan
Ketika
anda mengadakan suatu acara dengan jeda waktu yang sempit dengan hari
acara, maka semakin kecil harapan anda untuk mendapatkan sponsor.
Mengapa? Karena dari situ akan terlihat bagaimana keseriusan dan
kesiapan anda dalam melaksanakan acara tersbut.
2. Penyelenggara
Kalau
anda pernah menyelenggarakan suatu event besar dan sukses, maka sponsor
tidak akan segan-segan berpartisipasi di dalamnya. Dengan kata lain,
reputasi menjadi hal yang penting untuk memikat sponsor. Semakin besar
reputasi anda, semakin mudah pihak sponsor percaya.
3. Jenis Kegiatan
Ketika
anda membuat suatu acara lihatlah produk apa yang bisa ditampilkan di
situ. Hal ini menjadi berkaitan erat pada keterkaitan produk sponsor
dengan kegiatan anda.. Kalau anda membuat pensi anak muda, maka anda
tidak akan mungkin bisa mendapatkan sponsor seperti mobil, elektronik,
namun anda bisa mendapat sponsor rokok, makanan, dll.
4. Penonton atau peserta
Berilah
target yang akan dicapai dalam proposal, dan fokus golongan apa. Ketika
anda menargetkan dengan jumlah yang besar dan yang akan datang adalah
sebagian besar anak muda maka perusahaan dengan produk anak muda akan
tertarik.
Aspek dalam proposal sponsor adalah:
– Layout
– Kelengkapan perencanaan acara
– Penawaran sponsor
Layout
Ketika
anda membuat proposal terutama proposal sponsor, layout menjadi bagian
yang penting didalamnya. Karena dari layout anda, anda paling tidak bisa
memberikan keyakinan lebih pada pihak sponsor, proposal anda akan
terlihat berbeda di mata Sponsor. Dari layout anda anda dapat memperlihatkan betapa seriusnya anda mempersiapkan sebuah acara.
Misalnya saja :
Anda
memberikan proposal anda dengan layout yang menarik katakanlah anda
sedang menyusun acara untuk pensi. Anda memberikan proposal tersebut ke
pada perusahaan besar. Anda tidak akan tahu apakah ada orang lain yang
juga memberikan proposal itu. Anda juga tidak akan tahu di mana proposal
itu akan diletakkan. Dengan adanya layout pada proposal anda, proposal
anda menjadi terlihat berbeda dari proposal yang lain. Sehingga mungkin
akan di baca terlebih dahulu, di sendirikan, anda tidak akan tahu.
Apa saja layout itu?
1. Ukuran kertas
Kebanyakan
orang menggunakan kertas besar seperti ukuran A4 dan F4 untuk proposal.
Namun bagaimana apabila anda membuat proposal dengan ukuran mini,
mungkin setengah dari ukuran A4 atau F4, proposal itu akan terlihat unik
dan manis. Namun tidak selamanya pula ukuran kecil baik. Semuanya
tergantung dari selera.
2. Halaman Cover
Berikanlah
tampilan yang tidak biasa, ketika anda hanya menuliskan judul proposal
anda, proposal anda akan tampak monoton, berilah gambar yang menarik,
atau anda bisa menempel-nempel potongan koran, dll. Ketika halaman cover
anda menarik, seseorang yang membaca akan semakin tertarik untuk
melanjutkan ke bagian selanjutnya.
3. Tampilan Halaman
Ketika
tiap halaman anda terdiri dari tulisan saja, tentu yang membaca akan
bosan ketika tulisan anda bertele-tele. Untuk mencegah hal itu berikan
hiasan yang menarik pada header dan footernya bahkan bagian bodynya.
Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengganggu
kejelasan tulisan itu sendiri. Perhatikan jenis tulisan, ukuran tulisan,
paragraf, urutan penyajian, menjadi hal yang penting. Gunakan font dan
ukuran yang mudah dibaca oleh orang.
4. Penjilidan
Bagaimana
proposal itu dijilid, apakah hanya menggunakan jilid lakban, atau
apakah dijilid spiral, ataukah yang lain gunakan kreasi anda.
5. Wrapping
Satu
hal yang jarang digunakan orang namun cukup berpengaruh. Rasakan ketika
anda meneriman suatu barang dengan bungkus atau tanpa sama sekali.
Mungkin anda bisa berpkir, proposal ini sudah pernah dibaca oleh orang
lain, atau ini bekas, dll. Membungkus dengan plastik bening saja sudah
baik.
6. CD Interaktif
Berikanlah
cd interaktif. CD ini bisa berupa presentasi, atau bisa berupa video.
Hal ini untuk mencegah ketika yang menerima proposal anda malas membaca
proposal. Apabila acara yang akan anda buat adalah yang kedua kaliya,
lampirkan acara anda yang sebelumnya sebagai gambaran bagi pihak
sponsor. Berikan pula contoh-contoh pemasangan pihak sponsor ke
acara-acara yang pernah anda tangani.
2. Kelengkapan Data
Bagian I – bagian satu ini adalah acara anda secara besar
Latar belakang
Berikanlah suatu sajian yang menarik mengapa anda membuat acara tersebut, gunakan alasan-alasan yang mendukung dan valid.
Nama Acara
Berdasarkan
Latar belakang anda, tuliskan secara terpisah dengan latar belakang,
apa acara anda. Gunakan nama yang menarik dan singkat.
Tema Acara
Buatlah
tema acara yang menarik dan unik, jangan buat tema yang terlalu
panjang. Kalau diperluka cantumkanlah alasan mengapa anda memilih tema
tersebut. Gunakan deskripsi yang kuat, Apabila anda menggunakan lambang,
berilah arti lambang tersebut.
Waktu dan tempat pelaksanaan
Tulislah
secara detail waku pelaksanaan secara detail meliputi hari, tanggal,
tahun, jam berlangsungnya dan lokasi acara tersebut
Sasaran Acara
Tulislah
peserta yang akan anda tuju, apakah itu anak muda, anak kuliahan,
tingkat SD, orang tua, jomblo, atau pedagang. Tuliskan pula target
peserta, tuliskan pula target peserta.
Tujuan Acara
Tuliskan apa tujuan dari Acara tersebut. Sebaiknya berdasarlah pada latar belakang yang anda buat.
Manfaat Acara
Tuliskan
dalam 2 point yang berbeda yaitu manfaat bagi pihak sponsor dengan
manfaat bagi pihak anda, atau bahkan anda bisa menambahkan manfaat bagi
pihak peserta,dll
Pada
zona ini anda bebas menentukan sendiri apa yang akan anda lampirkan.
Isikan tulisan “terlampir” pada bagian ini. Bagian ini nantinya akan
menjadi bagian yang harus dijabarkan dengan sangat detail.
Sponsorship
terlampir
Konsep acara
terlampir
Susunan Panitia
terlampir
Anggaran
terlampir
Profil panitia
terlampir
Laporan Pertanggungjawaban
terlampir
Media Sponsorship
Tuliskan secara point-point saja, media apa yang anda tawarkan pada media Sponsorship.
Penutup
Tuliskan pentup dengan ini ucapan terima kasih atas kerjasama dari pihak sponsor dan waktu yang telah diluangkan.
Lembar pengesahan
Berisi
kapan proposal itu disahkan kemudian berisi tanda tangan dari
sekretaris, koordinator, apabila ada petinggi atau direksi cantumkan di
situ seperti kepala sekolah, dll.
Bagian II – berisi lampiran-lampiran yang telah diinformasikan pada bagian pertama
Sponsorship
Dalam
sponsorship berilah alasan anda mengenai sponsorship dan berilah semua
detail dari penawaran anda, buatlah penawaran yang menarik, dengan harga
yang sesuai. Semakin tinggi harga dari penawaran anda peluang
tertariknya semakin kecil. Carilah penawaran lain seperti sponsor
pendukung, barter, atau yang lainnya. Cantumkan ukuran logo, ukuran
media, jenis media, letak pemasangan, dll.
Ini adalah bagian tersulit dan terpenting dalam sebuah proposal
Bagian
kedua yang harus dicantumkan adalah ketentuan sponsorship, cantumkan
deadline sponsor, bagaimana cara deal, no rekening, no hap yang bisa
dihubungi, konsekuensi pembatalan dari pihak sponsor maupun pihak
panitia.
Bagian
ketiga adalah berilah form keikutsertaan sponsorship. Anda bisa
memberikan ini lewat media terpisah yang tatp disertakan pada bagian
proposal. Mungkin diubngkus dengan surat, dll.
Konsep acara
Tuliskan
seluruh konsep acara anda, jagan hilangkan setiap detail kecilpun.
Berikanlah argument dan alasan yang kuat pada setiap konsep anda.
Misalnya:
Anda
membuat acara pensi. Tuliskan apa yang akan anda sajikan, bintang
tamnunya siapa, acara apa saja yang akan ada, apakah ada cheers, dance,
band, kalau ada siapa yang mengisi. Apabila mengadakan audisi,
pemilihan, seleksi sebelumnya, cantumkanlah semuanya hingga, tanggal,
waktu, dll.
Jangan menlupakan detail sekecil apapun
Susunan panitia
Tuliskan
susunan kepanitiaan anda secara detail dari yang kedudukan yang paling
tinggi hingga yang terkecil. Jangan lupakan mencantumkan nama
koordinator dari setiap seksi di apaling atas nama-nama anggota seksi.
Anggaran
Berikan
Anggaran acaramu dengan sangat rinci. Bedakanlah pengeluaran dengan
pemasukan. Sponsorship didapat dengan menemukan defisit dari pemasukan
dengan pengeluaran total. Kekurangan itu adalah biaya yang harus didapat
melalui sponsor.
Berilah
satu tempat untuk pengeluaran tak terduga. Pengeluaran tak terduga bisa
didapat melalui pengeluaran semua seksi dikali berapa persen, atau anda
bisa menentukannya secara manual.
Pengeluaran total adalah pengeluaran semua seksi ditambah pengeluaran tak terduga.
Satu
hal yang penting adalah ketika anda menghitung, gunakanlah harga/biaya
diatas yang sebenarnya, tujuannya adalah untuk memastikan anda tidak
mengalami kekurangan biaya dalam bagian manapun. Misalnya biaya sebenarnya yang dikeluarkan untuk membuat 1 poster adalah 2 ribu anda bisa menuliskannya dengan harga 3 ribu.
Tulislah
pengeluaran yang ada per seksi yang terlibat misalnya Pengeluaran Seksi
acara dipisahkan dengan pengeluaran seksi keamanan.
Profil panitia
Dalam
lampiran ini tujukkan segalanya tentang kepanitiaan anda, bagaimana
kepanitiaan anda bekerja, tentang garis besar anggotanya, dll.
Laporan pertanggungjawaban
Dalam
lampiran ini, berilah komitmen anda kesanggupan anda dengan
mencamtumkan deadline LPJ, Paling lama penyerahan adalah 1 minggu.
Terserah anda. Semakin cepat, maka semakin baik. Hal ini penting karena
pihak sponsor akan melihat apakah yang diberikan oleh pihak sponsor
benar-benar digunakan apa bila, apabila digunakan untuk apa, dll. Pihak
Sponsor juga membutuhkannya untuk neraca keuangan mereka
Dalam
lampiran ini cantumkan draft LPJ anda. Apabila anda akan mencantumkan
foto sebagai bukti informasikanlah dalam lampiran ini.
Dalam
LPJ inilah anda akan menuliskan anggaran/keuangan anda sebenarnya,
dengan harga yang sebanarnya per mata anggaran. Lampirkan nota sebagai
bukti tambahan.
Apabila
anda terlambat dari deadline yang ditentukan, berilah komitmen anda
sebagai pertanggungjawaban, apakah ada denda, atau yang lain.
Hal-hal lain yang perlu diperhatikan
Ketika anda diberi kkesempatan untuk melakukan presentasi, maka:
1. Kuasai
bahan dan bersiaplah untuk menerima penolakan dan kritikan sebelum
mendapat sambutan positif. Gunakanlah bahasa yang komunikatif dan to the
point
2. Gunakanlah pakaian yang pantas
3. Datang tepat waktu, bahkan datanglah sebelum waktu tersebut untuk memastikan anda tidak datang terlambat
4. Berlatihlah sebelum waktu presentasi
5. Sediakan satu kopi proposal untuk pihak sponsor
6. Singkat, menarik dan padat, presentasi tidak perlu terlalu detil, karena
detil acara sudah ada didalam proposal. Pada waktu persentasi sebaiknya
lebih ditekankan pada personal approach dan lebih menerangkan hal-hal
yang menitikberatkan pada kepentingan pihak sponsor daripada pihak
penyelenggara kegiatan.
7. Tinggalkan nomor telepon yang mudah dihubungi oleh pihak sponsor
8. Tanyakan kepada sponsor kapan bisa mendapat kepastian
9. Segera selesaikan apabila mendapat kepastian, jangan ditunda walaupun mendadak.
Pastikan anda memilih percetakan kreasilangit.com dalam membuat proposal idaman anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar